BAB 10 LAPORAN AKHIR
1.
Pengertian
Sebagian sub bagian
dari Bagian Akunting, bagian pengendalian biaya Bersama-sama sub bagian lain
menyiapkan laporan sesuai dengan tugas dan fungsinya setiap bulan. Khususnya di
bagian pengendalian biaya, laporan bulanan baru bisa mulai dibuat sehari setelah
selesai dilakukan inventori barang-baranng persediaan di Gudang dan semua area
(outlets) yang menyimpan makanan dan minuman.
Hari pertama inventori
dilakukan di bagian gudang, disusul kemuadian keseluruh area dapur, restoran,
bar, dan kamar-kamar. Oleh bagian pengendalian biaya, sisa barang persediaan
barang tersebut dihitung nilainya. Untuk kemudia nilai inventori akhir ini
dipakai sebagai dasar untuk menghitung beberapa nilai bahan-bahan makanan dan
minuman yang terpakai atau dijual di restoran dan bar hotel, dalam sebulan
penuh. Dengan diketahui nilai bahan makanan dan minuman yang terjual dalam
sebulan dan diketahui pula hasil penjualannya, maka akan segera dapat dihitung
foof cost dan beverage cost percentage bulan yang bersangkutan.
2.
Menyiapkan/Membuat Laporan Akhir
Secara garis besar ada
tiga macam rekonsiliasi (Cost Reconciliation) harga pokok yang harus dibuatkan
oleh bagian pengendalian biaya sebagai laporan akhir, yaitu:
2.1 Menyiapkan Food Cost Reconciliation
2.2 Menyiapkan Beverage
Cost Reconciliation dan
2.3 Menyiapkan Materials
and Supplies Cost Reconciliation
Pada pembahasan
berikutnya akan dijelaskan mengenai bagaimana staf bagian pengendalian biaya
menyiapkan/membuat laporan akhir dengan mempergunakan lembar Food Cost
Reconciliation dan Beverage Cost Reconciliation, dengan cara membuat beberapa
contoh soal/kasus. Selain membuat food and beverage cost reconciliation akan
diberikan pula sebagai contoh bagaimana penggunaan lembar Materials &
Supplies Cost Reconciliation1, dan dibawah ini.
2.1 Rekonsiliasi
Harga Pokok Makanan (Food Cost Reconciliation)
Contoh soal:
Pada akhir bulan
Januari 2005 yang lalu, dilakukan inventori bulanan dibagian gudang dan
beberapa outlets antara lain di Main Kitchen, di Coffee Shop, di
Restaurant/Dining Room, di Bounquet dan di Pool Restaurant. Diperoleh hasil
inventori dari masing-masing area tersebut adalah sebagai berikut:
- Nilai investor barang persediaan di gudang sebesar
Rp.
120.000.000,-
- Nilai investor Main Kitchen 10.750.000,-
- Nilai investor di Coffee Shop 865.000,-
- Nilai investor di Dining Room -
- Nilai investor di Banquet 775.000,-
- Nilai investor di Pool Restaurant 427.000,-
Nilai invensori barang
persediaan dari masing-masing lokasi yang tersebut diatas adalah merupakan
“opening inventory” untuk bulan Februari 2005 (periode berjalan).
Dan pada akhir bulan
Februari 2005 ini, kembali dilakukan inventori di gudang dan di outlets
(disebut dengan closing inventory) dengan hasil sebagai berikut :
·
Nilai investori di gudang
Rp.
137.225.000,-
·
Nilai investori di Main Kitchen 8.120.000,-
·
Nilai investori di Coffee Shop 501.000,-
·
Nilai investori di Dining Room -
·
Nilai investori di Banquet 421.000,-
·
Nilai investori di Pool Restaurant 360.000,-
Pembelian barang persediaan (food purchase) selama
bulan Februari 2005 adalah sebesar Rp. 61.725.000,-
- Ditambah total biaya/nilai minumam keras yang dipakai untuk memasak sebesar Rp. 178.000,- (yang disebut dengan istilah beverage for cooking).
- Dikurangi biaya makan untuk karyawan (Employees Dining Room/ staff canteen) sebesar Rp. 7328.200,-
- Dikurangi dengan nilai house requisition (jumlah rekuisisi untuk rumah manejer atau tenaga kerja asing) sebesar Rp. 2.750.000,-
- Dikurangi nilai/biaya Administration and General (A&G) sebesar Rp. 835.000,- *)
- Dikurangi nilai/biaya Advertising and Sales Promotion (A&P) sebesar Rp. 750.725,- **)
- Dikurangi biaya dari jenis makanan yang dipakai atau ditransfr ke bar (food to bar) sebesar Rp.181.000,-
- Dikurangi nilai/biaya jenis buah-buahan untuk fruits baaket sebesar Rp. 105.702,-
- Dikurangi nilai/biaya makanan untuk pemain music dan penyanyi (music & entertainment) sebesar Rp. 1.725.000,-
*) ….A&G
adalah singkatan dari administration and general istilah yang dipakai oleh
manajemen apabila ada salah satu manager atau ekspatriat yang menjamu tamu
makanan direstoran atau bar, khususnya tamu dari Lembaga pemerintahan. Untuk
tamu-tamu semacam ini, check ata bill yang dipergunakan oleh kasir adalah Officer
Check, dengan diberi kode pada bill tersebut dengan tulisan A/G.
**) ….A&P
adalah singkatan dari advertising and sales promotion yaitu istilah yang
dipakai oleh manajemen hotel tersebut dalam menentukan pembebanan biaya yang
terjadi di restoran.
Apabila ada salah satu manajer, ekspatriat atau bahkan pemilik hotel,
yang menjamu tamu makan direstoran atau bar, khususnya tamu dari Travel Agent
atau Biro Perjalanan Wisata, Agen-agen Penerbangan atau Airlines, dan tamu/staf
dari hotel lain, dan sebagainya.
Check atau bill yang di pergunakan oleh kasir restoran untuk tamu-tamu
semacam ini adalah Officer Check, dan pada check/bill diberi kode dengan
tulisan A/P.
Dari bagian Income
Audit di Accounting Office diperoleh informasi jumlah penjulan aktual/bersih
makanan dari tanggal 1 Februari 2005 sampai dengan tgl 28 Februari 2005, adalah
sebesar Rp. 96.370.604,- (Sembilan enam puluh juta tiga ratus tujuh puluh ribu
enam ratus empat rupiah).
Maka bentuk atau hasil
laporan akhir berupa food cost reconciliation untk bulan Februari 2005, dapat
dilihat pada contoh berikut.
OPENING INVENTORY
|
STORE ROOM
|
120,000,700
|
|
|
MAIN KITCHEN
|
10,750,000
|
|
|
COFFEE SHOP
|
866,000
|
|
|
DINING ROON
|
|
|
|
BANGQUET
|
755,000
|
|
|
POOL RESTAURANT
|
427,000
|
|
|
TOTAL
|
|
132,817,700
|
|
|
|
|
PURCHASE
|
|
|
61,725,000
|
|
|
|
|
TOTAL AVAILABLE
|
|
|
194,542,700
|
|
|
|
|
CLOSING INVENTORY
|
STORE ROOM
|
137,225,000
|
|
|
MAIN KITCHEN
|
8,120,000
|
|
|
COFFEE SHOP
|
501,000
|
|
|
DINING ROOM
|
|
|
|
BANGQUET
|
421,000
|
|
|
POOL RESTAURANT
|
360,000
|
|
|
TOTAL
|
|
146, 627,000
|
|
|
|
|
COST OF FOOD
|
|
|
|
CONSUMMED
|
|
|
47,915,700
|
|
|
|
|
|
BEV. FOR COOKING
|
178,000
|
|
GROSS CONSUMPTION
|
|
|
48,093,700
|
|
|
|
|
|
LESS/CREDIT
|
|
|
|
EDR.
|
7,328,200
|
|
|
HOUSE REQ.
|
2,750,000
|
|
|
A&G
|
835,000
|
|
|
A&P
|
750,725
|
|
|
FOOD TO BAR
|
181,000
|
|
|
FRUITS BASKET
|
105,702
|
|
|
MUIS C& ENTERT.
|
1,725,000
|
|
|
TOTAL
|
|
13,675,627
|
|
|
|
|
COST OF FOOD SOLD
|
|
|
34,418,073
|
|
|
|
|
TOTAL FOOD SALES
|
|
|
93,370,604
|
|
|
|
|
FOOD COST %
|
|
|
35.71
|
COST RECONCILIATION
FOOD
2.2 Rekonsiliasi
Harga Pokok Minuman (Beverage Cost Reconciliation)
Contoh
soal :
Pada akhir Januari
2005 yang lalu dilakukan inventory akhir bulan di gudang dan dibeberapa outlet
anatara lain di Melati Bar, di Lobby Bar, di Room Service, di Mini Bar dan di
Pool Bar. Hasil Inventori minuman dari masing-masing area tersebut adalah sebagai
berikut :
·
Nilai investori persediaan minuman di gudang
sebesar Rp. 225.000.000,-
·
Nilai investori di Melati Bar 25.010.000,-
·
Nilai investori di Lobby Bar 5.725.000,-
·
Nilai investori di Room Service 7.200.000,-
·
Nilai investori di Mini Bar 8.110.000,-
·
Nilai investori di Pool Bar
450.000,-
Nantinya nilai
inventori persediaan akhir diatas yaotu pada akhir bulan Januari 2005 tersebut
adalah merupakan “opening inventory” untuk bulan Februari 2005.
Dan pada akhir bulan
Februari 2005 ini kembali dilakukan inventori akhir bulan barang persediaan
minuman di gudang, dengan hasil sebagai berikut:
·
Nilai investori di gudang
Rp.
235.000.700,-
·
Nilai investori di Melati Bar 41.250.000,-
·
Nilai investori di Lobby Bar 6.825.000,-
·
Nilai investori di Room Service 9.275.000,-
·
Nilai investori di Mini Bar 421.000,-
·
Nilai investori di Pool Bar 750.000,-
Jumlah Pembelian
barang persediaan minuman (beverage purchase) selama bulan Februari 2005 adalah
sebesar Rp. 41.225.000,-
·
Ditambah nilai/biaya makanan yang dipakai di
bar sebagai hiasan/garnish maupun sebagai bahan jus (bar juices) sebesar Rp.
1.575.200,-
·
Dikurangi biaya minuman untuk karyawan
(beverage Officer Check nutuk manajer) sebesar Rp. 420.750,-
·
Dikurangi nilai/biaya house requisition
(jumlah rekuisisi untuk asing) sebesar Rp. 450.000,-
·
Dikurangi nilai/biaya Administration and
General (A&G) sebesar Rp. 1.500.000,- *)
·
Dikurangi nilai/biaya Advertising and Sales
Promotion (A&P) sebesar Rp. 810.000,- **)
·
Dikurangi nilai/biaya jenis minuman yang
dipakai atau ditransfer ke dapur untuk bahan memasak sebesar Rp. 178.000,-
(beverage for cooking)
Keterangan :
*) ….A&G adalah singkatan dari
administration and general istilah yang dipakai oleh manajemen apabila ada
salah satu manager atau ekspatriat yang menjamu tamu makanan direstoran atau
bar, khususnya tamu dari Lembaga pemerintahan. Check yang dipergunakan oleh kasir
adalah officer check.
**) ….A&P adalah singkatan dari
advertising and sales promotion yaitu istilah yang dipakai oleh manajemen
apabila ada salah satu manajer atau ekspatriat yang menjamu tamu makan
direstoran atau bar, khususnya tamu dari Travel Agent atau Biro Perjalanan
Wisata, Agen-agen Penerbangan atau Airlines, dan sebagainya. Check/bill yang
dipergunakan oleh kasir adalah Officer Check.
Dari bagian Income
Audit didapat informasi jumlah penjualan actual/net dari tanggal 1 sampai
dengan tanggal 28 Februari 2005 sebesar Rp. 42.750.500,- (empat puluh dua juta
tujuh ratus lima puluh ribu lima ratus rupiah).
Maka bentuk dari
laporan akhir beverage cost reconciliation dapat dilihat seperti contoh
berikut.
OPENING INVENTORY
|
STORE ROOM
|
225,000,000
|
|
|
MELATI BAR
|
25,010,000
|
|
|
LOBBY BAR
|
5,725,000
|
|
|
ROOM SERVICE
|
7,200,000
|
|
|
MINI BAR
|
8,100,000
|
|
|
POOL BAR
|
450,000
|
|
|
TOTAL
|
|
271,485,000
|
|
|
|
|
PURCHASE
|
|
|
41,225,000
|
|
|
|
|
TOTAL AVAILABLE
|
|
|
312,710,000
|
|
|
|
|
CLOSING INVENTORY
|
STORE ROOM
|
235,000,700
|
|
|
MELATI BAR
|
41,250,000
|
|
|
LOBBY BAR
|
6,825,000
|
|
|
ROMM SERVICE
|
9,275,000
|
|
|
MINI BAR
|
7,500,100
|
|
|
POOL BAR
|
750,000
|
|
|
TOTAL
|
|
300,600,800
|
|
|
|
|
COST OF BEVERAGES
|
|
|
|
CONSUMMED
|
|
|
12,109,200
|
|
|
|
|
|
FOOD TO BAR
|
1,575,200
|
|
GROSS CONSUMPTION
|
|
|
13,684,400
|
|
|
|
|
|
LESS / CREDIT
|
|
|
|
|
|
|
|
EDR.
|
420,750
|
|
|
HOUSE REQ.
|
450,000
|
|
|
A&G
|
1,500,000
|
|
|
A&P
|
810,000
|
|
|
BEV. FOR COOKING
|
178,000
|
|
|
…………
|
|
|
|
TOTAL
|
|
3,358,750
|
|
|
|
|
COST OF BEV. SOLD
|
|
|
10,325,650
|
|
|
|
|
TOTAL BEV. SALES
|
|
|
42,750,500
|
|
|
|
|
BEVERAGE COST %
|
|
|
24.2
|
|
|
|
|
COST RECONCILIATION
BEVERAGE
2.3
Rekonsiliasi Harga Pokok Material dan Bahan (Materials & Supplies
Cost Reconciliation)
Untuk menyiapkan
laporan cost reconciliation materials & supplies, cara pembuatan dan
penyajiannya sedikit berbeda dengan cara membuat food cost reconciliation dan
beverages cost reconciliation, Membuat laporan
cost reconciliation materials and supplies dibuat terpisah-pisah lagi
menjadi beberapa reconciliation yang sesuai dengan jenis dari material dan
bahan, dan akan terlihat pada subsidiary account, antara lain :
·
Cost reconciliation kitchen supplies
·
Cost reconciliation
cleaning supplies
·
Cost reconciliation
guest supplies
·
Cost reconciliation
paper supplies
·
Cost reconciliation
printing and stationary
·
Cost reconciliation
laundry supplies
·
Cost reconciliation
promotion materials
·
Cost reconciliation
pool supplies
·
Cost reconciliation
engineering supplies
·
Cost reconciliation
vihicles & boat supllies
·
Cost reconciliation
paint and decoration
·
Cost reconciliation
electric bulb supplies
·
Cost reconciliation
gas for refrigeration
·
Cost reconciliation
medical supplies
·
Dan lain sebagainya.
Akan
tetapi latihan membuat laporan akhir cost reconciliation untuk barang-barang
jenis Materials & Supplies tidak diuraikan padV materi pelajarin ini, namun
akan disusun pada buku materi pelajaran tersendiri.
COST RECONCILIATION
PRINTING &
STATIONARY
OPENING
INVENTERY
|
STORE ROOM
|
XXXX
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PURCHASE
|
|
XXXX
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TOTAL
AVAILABLE
|
|
|
XXXXXXXXX
|
|
|
|
|
|
|
|
|
CLOSING
INVENTORY
|
STORE ROOM
|
XXXXXX
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TOTAL
CONSUMPTION
|
|
|
XXXXXXXXXX
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
CHARE TO :
|
|
|
|
|
|
|
|
# 140 – 49
|
FO
|
XX
|
|
# 160 – 49
|
F&B
|
XX
|
|
# 170 – 49
|
SALES &
PROMT
|
X
|
|
# 210 - 49
|
A&G
|
XXXX
|
|
# 220 - 49
|
ENG.
|
XXXX
|
|
|
|
|
https://www.senyawa.eu.org/2020/12/inilah-cara-menghitung-cost-control.html
ReplyDelete